Macro adalah serangkaian perintah yang dapat digunakan untuk otomatisasi
sebuah proses atau tugas yang berulang. Sehingga akan memudahkan dan
mempercepat pekerjaan. Selain keuntungan di atas, dibalik kemudahan
macro tersebut tersimpan resiko jika kita tidak benar - benar tahu
bagaimana macro tersebut.
Oleh karena itu, Excel memberikan pilihan atau opsi untuk mengaktifkan
(enable) atau menonaktian (disable) macro di Trust Center.
Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan macro:
1. Klik tab File.
2. Klik Help.
3. klik Options, muncul Options dialog.
4. Klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings.
5. Pada Trust Center, klik Macro Settings.
6. Buat perubahan yang diinginkan
7. Klik OK.
Setting di atas adalah untuk Office 2010, untuk Office 2007, klik Tab File di ganti dengan klik Ribbon
Atau pada saat membuka file yang mengandung macro, secara default akan
di-disable oleh Excel, jika ingin diaktifkan, bisa langsung diaktifkan
di message bar yang muncul sesaat setelah file terbuka.
Lihat gambar:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar