Translate

Minggu, 01 Juli 2012

file xls/xlsx kehilangan default Pembukanya

Ada seseorang mengirim email, isinya sebagai berikut:
Saya ada kasus nih di excel 2007, klo mau buka file excel tidak bisa dari link atau dari explorer jadi harus buka excelnya dulu pilih file trus open file yg mau dibuka. gimana yah solusinya. trims sebelumnya.

Sebenarnya penulis juga pernah mengalami hal ini. Hal tersebut dikarenakan penulis mencoba untuk menginstal versi trial dari Microsoft Excel 2010, sementara di dalam komputer sudah terinstall Office 2007. DUa versi office ini berjalan di satu komputer, jadi tidak saling menggantikan (replace).


Ada kasus lain rekan penulis juga mengalami hal serupa, tetapi penyebabnya berbeda. Di laptop sudah ada MIcrosoft Office 2007 home edition, sementara rekan penulis menginstall lagi office 2010 professional karena katanya fitur di home edition kurang banyak. Sekali lagi Office 2010 professional tidak akan "menimpa" office 2007 home edition, masing - masing berjalan pada komputer yang sama.

Persoalan baru terjadi setelah salah satu office di-uninstall, link ke file xls / xlsx yang mengacu ke Microsoft Excel menjadi hilang, sementara penanda icon-nya tetap seperti semula, akibatnya jelas sekali, tidak bisa membuka Excel dari file xls /xlsx. Tetapi harus buka Microsoft Excel dulu, baru open file. Tentu hal ini cukup merepotkan, tidak lagi fexibel seperti sebelumnya.

Lalu bagaimana solusinya? Penulis sudah mencoba beberapa cara, misalnya dengan mengatur Folder Options ( di Menu Tools WIndows Explorer ) agar Microsoft Excel menjadi default file pembuka file xls / xlsx, tetapi hal tersebut tidak berjalan seperti diharapkan.

Akhirnya solusinya adalah dengan melakukan unistall semua versi Microsoft Office, jangan lupa untuk restart sebelum melakukan install ulang Microsoft office karena jika tanpa restart, install ulang tersebut tidak akan ada artinya.

1 komentar: