Translate

Minggu, 01 Juli 2012

menjumlah berdasar banyak kriteria tanpa SUMIF

Saya ingin menjumlahkan berdasarkan banyak kriteria. Kasusnya seperti terlampir. Ceritanya saya ingin menjumlahkan berdasarkan syarat1 dan syarat2. Saya ingin yang syarat1-nya "bbb" dan syarat2-nya "222". Jadi yang akan dijumlahkan adalah D4, D6, dan D9. Kalau datanya sedikit sih gampang. Tapi ini datanya banyak buaaannnggeettt. Kata temen saya kalau pakai Excel 2007, tinggal tulis di G6: =SUMIFS(D3:D9,B3:B9,G3,C3:C9,G4). Tapi saya nggak punya Excel 2007. Ada ga cara lain biar ga usah pakai SUMIF?




Jawab:
Hai Sandra, sepertinya ini nyambung dengan postingan saya tentang fungsi baru di Excel 2007. Sebenarnya ada kok cara lain untuk menjumlah berdasarkan beberapa kriteria / banyak kriteria. Misalnya pada posisi data dan syarat seperti kasus Sandra, di G6 saya tinggal tulis =SUMPRODUCT((B3:B9=G3)*(C3:C9=G4)*D3:D9).


Penjelasan:
  1. =SUMPRODUCT(... berfungsi untuk mencari hasil kali dua buah array.
    ...(B3:B9=G3)... memberikan hasil TRUE jika hasilnya sama dengan G3, FALSE jika tidak sama.
  2. ...(C3:C9=G4)... memberikan hasil TRUE jika hasilnya sama dengan G4, FALSE jika tidak sama.
  3. ...D3:D9... adalah nilai yang akan dijumlahkan



Selamat Mencoba...

1 komentar:

  1. Nikmati Bonus Deposit sebesar 10% di deposit pertama kamu sekarang juga !

    www.bolavita.club - situs Taruhan Online Terlengkap yang menyediakan segala jenis Juddii Online !

    Informasi Selengkapnya hubungi :
    WA Bolavita :+62812-2222-995
    BBM : BOLAVITA

    BalasHapus