Translate

Minggu, 01 Juli 2012

membuat tabel data unik tanpa pivot table

Pertanyaan:
"Halo guru Excel! Saya sedang belajar Excel nih, tolong bantuan rumus ajaibnya yah. Saya ingin membuat tabel seperti yang biasa dibuat dengan pivot table. Tujuannya sih untuk memfilter data unik, kemudian menentukan jumlahnya. Kalau untuk jumlahnya saya sudah tahu caranya. Kalau di data saya ini pakai =COUNTIF($B$3:$B$15,D3). Masalahnya bagaimana cara membuat item unik di kolom D itu dengan formula? Pasti ada kan caranya? Tujuan saya pakai formula agar tabel itu selalu update, tidak seperti pivot table yang harus selalu di-refresh." - Sarah Azharia, Jakarta.

 

Jawab:

Hai Sarah, tanpa basa basi ya... formula ajaibnya bisa ditulis di D3 =INDEX($B$3:$B$15,MATCH(0,COUNTIF($D$2:D2,$B$3:$B$15),0)), akhiri dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Enter sehingga keluar tanda {...} yang mengapit formula tersebut. Formulanya akan menjadi {=INDEX($B$3:$B$15,MATCH(0,COUNTIF($D$2:D2,$B$3:$B$15),0))}. Kemudian copy dari D3 ke range D4:D10.
Penjelasan:

  1. {...} adalah tanda bahwa formula tersebut adalah formula array

  2. ...COUNTIF($D$2:D2,$B$3:$B$15)... adalah akan mencari apakah data di atasnya sudah pernah muncul lebih dari sekali, jika belum pernah muncul akan memberi hasil 0.

  3. Dari COUNTIF di atas, formula ...MATCH(0, ... ,0)... akan mencari, pada baris ke berapa akan muncul angka 0 pertama kali.

  4. ...=INDEX(...,xxx) adalah fungsi untuk mencari data dari suatu array pada urutan ke xxx. Pada rangkaian ini, hasil dari MATCH di atas akan menjadi xxx yang dicari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar