Translate

Minggu, 01 Juli 2012

menjabarkan data sesuai jumlah yang ditentukan

Pertanyaan:

"Hai semuaaaaaa... Saya lagi belajar Excel nih. Kemaren liat-liat arsip XL-mania. Keren banget yang filteran data unik pake rumusnya. Penasaran aja, kalo misalnya kebalikannya bisa ga? Jadi ada data, di kanannya ada jumlahnya. Dari dua kolom ini bisa muncul satu kolom lagi, isinya daftar dari data pertama tadi, tapi udah sesuai jumlah di kanannya. Kalo bingung coba deh liat attachmentnya. Thanx yaaaaa..... Kalo ga bisa ga papa kok... Tapi kalo bisa... Ntar ada
hadiahnya!" - Mulan Mei, Medan.


Jawab:
Uhm... Kirim aja hadiahnya! Hehehe.... Di E3 tulis: =IF(E2="item",$B$3,OFFSET($B$2,--(COUNTIF($E2:E$3,E2)=ROUND(VLOOKUP(E2,$B$3:$C$9,2,FALSE),0))+MATCH(E2,$B$3:$B$9,0),,,)), kemudian copy ke range E4 dan E15.


Penjelasan:

  1. =IF(E2="item",$B$3... berfungsi melihat apakah cell tersebut adalah cell teratas, jika ya maka dikeluarkan data paling atas, yaitu $B$3, jika tidak ke langkah ke-2.

  2. ...(COUNTIF($E2:E$3,E2)... berfungsi untuk melihat sudah berapa kali data di atas cell yang bersangkutan muncul.

  3. ...VLOOKUP(E2,$B$3:$C$9,2,FALSE)... berfungsi untuk melihat berapa kali data ini ingin ditampilkan sesuai tabel pertama.

  4. ...ROUND(...,0)... berfungsi untuk berjaga-jaga seandainya nilai pada kolom C bukan integer. Fungsi ini dapat dihilangkan jika semua angka pada kolom C adalah integer (tidak mengandung desimal atau pecahan).

  5. ...COUNTIF(...)=ROUND(...)... berfungsi untuk melihat berapa banyak data yang sudah teraktualisasi di kolom E. Jika sudah sesuai dengan yang diinginkan pada langkah 3, maka akan menghasilkan nilai TRUE, jika belum akan menghasilkan FALSE.

  6. ...MATCH(E2,$B$3:$B$9,0)... berfungsi untuk mencari urutan ke berapakah data E pada kolom B.

  7. ...--... mengubah logika TRUE menjadi 1 dan FALSE menjadi 0.

  8. Artinya jika langkah 5 sudah menghasilkan TRUE, maka dia akan menambahkan angka yang dihasilkan pada langkah 6, sehingga data yang ditampilkan berikutnya bergeser 1 baris dari hasil langkah 6. Cara menggesernya adalah dengan fungsi pada langkah ke-9.

  9. ...OFFSET($B$2,x,)... berfungsi untuk menampilkan data pada x baris setelah $B$2, dimana x sendiri merupakan operasi

1 komentar: