Translate

Minggu, 01 Juli 2012

rata-rata berdasarkan kondisi tertentu

Pertanyaan:
"Halo dokter Excel! Saya lagi nih, jangan bosen ya. Kali ini saya ingin membuat rata-rata dari suatu tabel, dengan kondisi tertentu. Artinya jika dia tidak memenuhi kondisi itu, dia tidak menjadi data yang dirata-rata. Kasusnya seperti terlampir. Misalnya saya ingin membuat rata-rata dari "beruang", artinya yang dirata-rata hanya angka 20, 40, dan 60. Ada ga cara lain biar ga usah pakai AVERAGEIF? Saya nggak punya Excel 2007... hiksss...." - Sandra Dewiana, Jakarta.

Jawab:
Hai Sandra, sepertinya ini nyambung lagi dengan postingan saya tentang fungsi baru di Excel 2007. Sebenarnya ada cara membuat rata-rata dengan kondisi terntentu. Di cell G3 cukup tulis =AVERAGE(IF(B3:B9="beruang",C3:C9,FALSE)), akhiri dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Enter sehingga keluar tanda {...} yang mengapit formula tersebut. Formulanya akan menjadi {=AVERAGE(IF(B3:B9="beruang",C3:C9,FALSE))}


Penjelasan:


  1. {...} adalah tanda bahwa formula tersebut adalah formula array

  2. ...=AVERAGE(... adalah fungsi untuk mencari rata-rata biasa

  3. ...(IF(B3:B9="beruang",C3:C9,FALSE))... adalah fungsi kondisi yang memberikan angka di range C3:C9 jika di B3:B9 berisi beruang, dan FALSE jika tidak. FALSE sendiri tidak dihitung sebagai angka jika dirata-rata. 
     

1 komentar:

  1. Nikmati Bonus Deposit sebesar 10% di deposit pertama kamu sekarang juga !

    www.bolavita.club - situs Taruhan Online Terlengkap yang menyediakan segala jenis Juddii Online !

    Informasi Selengkapnya hubungi :
    WA Bolavita :+62812-2222-995
    BBM : BOLAVITA

    BalasHapus